I am watching

Tuesday, January 24, 2017

12 Fata Tentang Indonesia yang Mendunia Ini tentunya Membuat Kita Bangga

Ada banyaknya persoalan dan penilaian negatif yang tengah dihadapi oleh Indonesia, baik itu tentang dunia politik, persatuan dan keamanan, bahkan kesejahteraan masyarakat kecil telah banyak mempengaruhi citra dari pemerintah dan negara di pandangan masyarakat Indonesia itu sendiri, maupun di dunia internasional.

Diluar aspek tersebut, sebenarnya, negeri kita adalah negeri yang sangat amat kaya dan juga berpotensi, baik dari segi sumber daya alamnya yang melimpah, maupun dari segi keberagaman budayanya. Sekedar memberi tahu, jika Indonesia adalah Negara yang memiliki suku, bangsa, dan bahasa yang terbanyak di dunia untuk saat ini. Tidak hanya itu, terdapat juga beberapa prestasi dari anak bangsa yang telah mendunia,dan berikut ini kami sajikan 12 fakta unik tentang Indonesia yang mendunia.

fakta unik tentang Indonesia

1. Negara Kepulauan Paling Besar di Dunia


Indonesia merupakan Negara dengan kepulauan terbesar di dunia. Ada sekitar 17.504 pulau, dan sebanyak 9.634 pulau belum diberi nama dan ada kurang lebih 6 ribu pulau yang tidak berpenghuni. Fakta yang semakin membuat kita bangga  adalah 3 dari 6 pulau yang terbesar di dunia berada di Indonesia, ketiga pulau itu adalah Kalimantan, Sumatera, dan Papua. Dengan adanya ribuan pulau tersebut, Indonesia juga dikenal sebagai negara maritim yang terbesar di dunia. Bagaimana tidak, jika luas perairan Indonesia mencapai 93.000 km dan panjang pantai sekitar 81 ribu km² atau hampir 25% panjang pantai yang ada di dunia saat ini.


2. Hutan Terbesar


Saat ini Dunia telah mengakui jika Indonesia adalah Negara yang memiliki kekayaan alam yang sangat banyak dan beragam Hutan dengan luas kurang lebih 39.549.447 hektar di pulau sumatera, kalimantan, Dan sulawesi terdapat keanekaragaman hayati dan plasma nutfah sehingga dapat dikatakan yang terlengkap di dunia.
Dan jika saja hutan tersebut rusak atau hilang, maka bumi akan menjadi hancur karena saat ini bumi sangat bergantung pada hutan hujan tropis seperti Indonesia untuk menjaga keseimbangan iklim, tentunya selain yang telah ditopang oleh hutan hujan di amazon. Tidak cukup disitu, karena selain itu Indonesia juga memiliki hutan bakau  yang terbesar di dunia. Tanaman bakau ini bermanfaat untuk mencegah abrasi atau pengikisan air laut.


3. Kekayaan Bahari



Bukan hany kekayaan di darat saja, karena ternyata  alam laut Indonesia juga memiliki kekayaan yang sangat luar biasa. Kekayaan itu diantaranya  adalah adanya spesies ikan hiu terbanyak di dunia dengan jumlah sekitar 150 spesies ikan, kemudian terdapat ikan terkecil sedunia, dengan ukuran yang hanya 7,9milimeter saja, transparan, dan tidak bertulang kepala, ikan ini ditemukan di Sumatera. selanjutnya Indonesia juga memiliki  terumbu karang terbanyak dan juga terindah yang sering di sebut “segitiga coral”.
 65% dari 75.000 km² segitiga coral itu ada  di Indonesia. Inilah alasan kenapa Indonesia dapat menyumbang 18% terumbu karang bagi perairan di dunia. Luar biasa bukan?


4. Kopi Termahal

Siapa yang tidak tahu dengan kopi? Minuman ini memang populer hampir di seluruh Negara, tidak hanya populer di kalangan orang dewasa, saat ini kopi juga menjadi tren minuman kalangan remaja. Namun tahukah kamu jika  kopi yang diakui dunia sebagai kopi terbaik karena rasanya yang enak sekaligus menjadi kopi termahal adalah kopi milik Indoneisa, yaitu kopi luwak. Brazil boleh saja jadi negara dengan penghasil kopi terbesar di dunia, sementara Indonesia berada  di urutan ketiga, namun kopi termahal dan ternikmat adalah milik Indoneisa mahal, kopi fenomenal itu banyak di cari oleh para pecinta kopi.


5. Kain Tenun Asli


Siapa yang tidak tahu produk fashion sekelas GUCCI? Ya, produk kenamaan asal Italia yang sering menjadi pakaian para publik figur dunia ini ternyata menggunakan kain tenun asal Indonesia. Secara tidak langsung, hal ini membuktikan jika kualitas kain tenun Indonesia telah diakui di kancah dunia. Sayangnya masyarakat Indonesia sendiri masih sering membeli produk-produk fashion dari luar dan bangga saat mengenakannya.
Seperti kain tenun yang mendunia, ternyata banyak orang Indoneisa yang berkarya di luar negeri. Salah satunya, yaitu Ir. Ahmad Murdijad,  warga negara Indonesia yang bermukim di Kuala Lumpur Malaysia ini selama belasan tahun lamanya itu merupakan perancang menara Kuala Lumpur Malaysia, dan saat ini merupakan menara tertinggi nomor empat di dunia.


6. Komodo Hewan Asli Indonesia

 Komodo Hewan Asli Indonesia


Kembali ditemukannya fakta bahwa banyak peninggalan purbakala yang ternyata ada di Indonesia. Dalam  dunia fauna, terdapat komodo yang merupakan “kadal terbesar” di dunia saat ini, dan peninggalan hewan purba dan komodo ini hanya ada di Indonesia, yaitu tepatnya di Nusa Tenggara Timur. Komodo semakin populer saat komodo masuk ke dalam tujuh keajaiban di dunia. Sehingga banyak orang luar, baik masyarakat biasa maupun para ilmwan yang datang ke NTT hanya untuk mengunjungi pulau komodo di NTT


7. Keanggotaan PBB


Indonesia merupakan Negara pertama (hingga kini satu- satunya) yang pernah keluar dari Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB), yaitu pada tgl 7 Januari 1965. Dan akhirnya Indonesia bergabung kembali pada PBB di tahun 1966.
8. Pulau Terpadat

Saat ini Pulau Jawa merupakan pulau terpadat di dunia, dimana ada sekitar 60%  penduduk Indonesia (sekitar 130 juta jiwa) tinggal di pulau Jawa yang sebenarnya luasnya hanya 7% dari seluruh wilayah Republik Indonesia.


8. Negara Muslim Terbesar

12 Fata Tentang Indonesia yang Mendunia Ini tentunya Membuat Kita Bangga


Indonesia merupakan negara Islam terbesar di dunia. Dengan jumlah pemeluk agama Islam  sekitar 216 juta jiwa atau sekitar 88% dari penduduk Indonesia .selain ituIndonesia juga memiliki masjid dengan jumlah terbanyak dan Negara asal jamaah haji terbesar di dunia.



Republik Indonesia ialah  Negara pertama yang lahir pasca berakhirnya Perang Dunia ke II di tahun 1945. Saat ini mesir adalah negara pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia. RI merupakan Negara ke 70 tertua di dunia.


9. Tim Badminton Indonesia


Tim bulutangkis asal Indonesia adalah tim yang paling banyak meraih lambang supremasi bulutangkis pria, Thomas Cup, yaitu sebanyak 13 kali {yang pertama kali pada tahun 1958 & yang terakhir pada tahun 2002}. Bahkan pemain tunggal putra, Rudi Hartono mencatat rekor di rekor dunia,


10. Tambang Emas Terbesar


Punya Tambang Emas Negara ini punya pertambangan emas terbesar dengan kualitas emas terbaik di dunia namanya PT Freeport. Apa saja kandungan yang di tambang di Freeport? ketika pertambangan ini dibuka hingga sekarang, pertambangan ini telah mengasilkan 7,3 JUTA ton tembaga dan 724,7 JUTA ton emas.dan jika diuangkan hasilnya menjadi anggap Rp. 300.000. dikali 724,7 JUTA ton emas/ 724.700.000.000.000 Gram dikali Rp 300.000.= Rp.217.410.000.000.000.000.000 RupiahLalu siapa yang mengelola pertambangan ini? bukan negara ini tapi AMERIKA! prosentasenya adalah 1% untuk negara pemilik tanah dan 99% untuk amerika sebagai negara yang memiliki teknologi untuk melakukan pertambangan disana bahkan ketika emas dan tembaga disana mulai menipis ternyata dibawah lapisan emas dan tembaga tepatnya di kedalaman 400 meter ditemukan kandungan mineral yang harganya 100 kali lebih mahal dari pada emas, ya.. dialah URANIUM!


11. Cincin Api Dunia


Indonesia memiliki lebih dari 400 gunung berapi dan 130 di antaranya termasuk gunung berapi aktif. Sebagian dari gunung berapi terletak di dasar laut dan tidak terlihat dari permukaan laut. Indonesia merupakan tempat pertemuan 2 rangkaian gunung berapi aktif (Ring of Fire). Terdapat puluhan patahan aktif di wilayah Indonesia.


12.  Pulau Bungin


Pulau Bungin di Kecamatan Alas Kabupaten Sumbawa NTB, merupakan pulau kecil buatan terpadat didunia melebihi kepadatan pulau Jawa dengan kepadatan 36000 jiwa/km2 sedangkan kepadatan pulau jawa hanya sekitar 813 jiwa/km2 atau kepadatan pulau Bungin sama dengan 44 kali kepadatan pulau Jawa. Pulau yang hanya seluas 8 hektar ini mempunyai jumlah penduduk sebanyak 2.800 Jiwa.


Share:

0 comments:

Nur Arifah dan Rayhan Akhyaro Azka. Powered by Blogger.

Cari di Blog Ini

Laman

Contributors