I am watching

Monday, January 23, 2017

Ingin Kursus Belajar Bahasa Inggris tapi Biaya Tidak Ada? Coba Ini!

 
hello my name is budi

Bahasa Inggris merupakan bahasa utama di dunia. Di Indonesia sendiri, bahasa Inggris layaknya bahasa kedua, bahkan mengalahkan bahasa daerah.


Jika Anda ingin melamar pekerjaan, banyak sekali yang memberikan persyaratan berupa dapat berbahasa Inggris. Bahkan tidak sedikit yang mematok harus mendapat nilai TOEFL/IELTS minimal 500. Kemampuan bahasa Inggris tidak hanya dibutuhkan oleh orang yang melamar jabatan tinggi di sebuah perusahaan saja, melamar jadi pegawai biasa-pun juga membutuhkan itu.

Bagi sebagian mahasiswa, rasanya berat sekali jika harus kursus bahasa Inggris. Anda bisa lihat, biayanya tidak sedikit, bahkan ada yang benar-benar mahal dengan keunggulan mendatangkan guru seorang bule asli dari Amerika atau Inggris. Mahasiswa itu boro-boro mau kursus bahasa Inggris, makan 3x sehari saja sudah amat bersyukur.

Kenapa harus mengeluarkan biaya mahal-mahal kalau bisa dilakukan dengan GRATIS?

Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengasah kemampuan bahasa Inggris Anda.


1. Menonton Film Barat


Kenapa harus film barat? Film non-barat kan juga ada yang berbahasa inggris? Karena mempelajari bahasa inggris langsung dari negara aslinya itu jauh lebih baik dan mudah. Coba saja Anda nonton film India yang berbahasa inggris. Orang asli Amerika saja susah memahami logat India, apalagi Anda yang masih belajar bahasa Inggris.

Inilah yang penting, yaitu AKSEN atau LOGAT. Silahkan pilih, Anda ingin mendalami aksen British atau Amerika? Jika British, cobalah nonton film yang pemerannya orang-orang Inggris. Contohnya Harry Potter atau Narnia. Jika Amerika, cobalah nonton film yang pemerannya orang-orang Amerika.

Cobalah menonton film barat dengan subtitle bahasa inggris, bukan bahasa indonesia. Jika ada kata-kata yang tidak dipahami, coba pause filmnya lalu catat kata-kata itu, mainkan filmnya lagi, dan lakukan ini sampai film selesai.

Setelah film selesai, silahkan cari arti dari kata-kata itu tadi. Ingat-ingat, lalu putar kembali filmnya. Jika masih ada yang belum paham, catat lagi, cari artinya lagi, dan begitu seterusnya.

Jika Anda sudah memahami semua kata yang ada di film, ada hal lain yang sangat penting yang harus dilakukan. Yaitu meresensi. Cobalah menulis resensi film itu dalam bahasa inggris, dengan kata-kata Anda sendiri.

Hal-hal diatas tidak mudah untuk dijalankan, apalagi untuk orang yang masih belajar. Cobalah melakukannya setiap hari, jangan terburu-buru dengan mencoba menyelesaikannya dalam sehari dua hari. Cobalah menonton satu film yang sama selama berhari-hari, itu tidak masalah. Sampai Anda benar-benar hafal dan paham alur ceritanya dan kata-kata sukar yang ada di dalamnya. Coba ikut melafalkan kalimat-kalimat di film itu, lebih bagus lagi jika Anda mencoba menggunakan aksennya.

Jika Anda benar-benar sudah bosan menonton film itu terus selama berhari-hari, bahkan berminggu-minggu, Anda benar-benar sudah memahami dan menghafal kata-kata sukar dan alur ceritanya, silahkan Anda ganti film. Tapi, sebelum ganti film, coba Anda baca lagi resensi yang sudah Anda tulis. Cobalah memodifikasi resensi itu dengan kata-kata yang tingkatannya lebih sulit, coba lengkapi lagi resensi itu.

Saran pribadi saya, jika Anda memilih film, pilihlah film yang tidak mengandung unsur sex (entah itu yang ringan, seperti berciuman, sampai yang berat), gore (adegan berdarah-darah), kata-kata jorok (yang ringan maupun berat), dan semacamnya. Karena film yang Anda pilih akan Anda tonton setiap hari. Jangan sampai film itu malah merubah sifat Anda menirukan sifat gaya barat yang buruk-buruk. Masih banyak film-film yang seru tetapi tidak mengandung unsur itu. Seperti: Harry Potter, Narnia, Lord of The Ring, Ender's Game, Interstellar, dll. Saya sendiri lebih menyukai film bergenre action dan sience-fiction. Karena film-film itu nyaman untuk ditonton.

2. Membaca Buku Berbahasa Inggris


Anda pasti tahu film Harry Potter? Narnia? The Lord of The Ring? Percy Jackson? Itu semua adalah film yang diangkat dari novel.

Cobalah mencari novel berbahasa inggris dari film yang Anda sudah pernah tonton sebelumnya. Karena Anda sudah mengerti sedikit banyak mengenai alurnya maka Anda akan lebih leluasa untuk memahami bahasanya.

Jangan ragu untuk mencoret-coret novel itu. Tandai kata-kata yang sukar. Coba baca per-bab dan artikan per-bab. Catat arti kata itu di bagian lain di halaman yang sama, atau menggunakan semacam sticky notes, atau sesuka kalian.

Jika sudah menyelesaikan satu bab, coba diulang lagi, baru melanjutkan ke bab berikutnya.

Menyelesaikan satu novel bisa memakan waktu yang sangat lama. Cobalah membuat diri Anda santai. Pikirkanlah bahwa Anda sedang mencari hiburan, bukan belajar. Coba sesekali sambil duduk di teras rumah, coba sambil menyeruput teh di pagi hari, mungkin Anda bisa bawa ke taman atau di pinggir danau atau ke perpustakaan. Cari suasana yang berbeda agar Anda tidak bosan.

Sama seperti film, cobalah meresensi buku itu. Bisa dimulai dengan resensi per-bab, lalu per-buku. Coba baca kembali resensi itu jika Anda sudah menyelesaikan satu buku dan ingin mengganti dengan buku yang baru.

3. Mendengarkan Lagu Berbahasa Inggris


Saat ini, Amerika menjuarai dunia permusikan. Jadi Anda dapat leluasa memilih lagu yang Anda sukai untuk belajar.

Cobalah pilih pemusik-pemusik berbahasa Inggris kesukaan Anda, lalu dengarkan lagunya berulang-ulang sambil menyimak liriknya. Catat kata-kata yang sukar lalu cari artinya.

Memilih musik bergenre rap mungkin lebih menantang untuk Anda. Cobalah mengikuti pelafalan sesuai dengan bagaimana artis itu melafalkan.

Cobalah mendengarkan 5 lagu selama beberapa hari sampai Anda benar-benar menghafal dan memahami liriknya. Jika sudah, silahkan ganti dengan 5 lagu baru. Begitu seterusnya.

Saran pribadi saya, jangan pilih lagu yang mengandung unsur sex (entah itu yang ringan ataupun berat). Karena Anda akan mendengarkannya setiap hari.

4. Mencari Materi Belajar di Internet


Tidak perlu beli buku mahal-mahal untuk belajar TOEFL. Coba buka Google, cari apa yang Anda ingin pelajari, semuanya serba gratis sekarang. Dari yang writing, listening, hingga grammar. Ratusan audio, video, dan file tersedia gratis di internet. Anda hanya perlu mencari.

5. Mencari Partner


Tidak perlu mahal-mahal mendaftar kursus bahasa inggris hanya untuk berbicara dengan guru yang sudah fasih bahasa inggrisnya. Cobalah masuk ke forum-forum berbahasa inggris, bisa cari di internet atau cari di sekitar lingkunganmu. Di sekolah dan perguruan tinggi biasanya ada organisasi atau komunitas yang isinya adalah orang-orang yang (mau) jago bahasa inggris. Bergabunglah disana.

Jika tidak menemukan forum seperti itu, coba lirik teman-teman kamu. Cari siapa yang tidak malu berbicara bahasa inggris di depan orang lain. Ajak dia bicara dengan bahasa inggris. Jadikan itu sebagai kebiasaanmu ketika berbicara dengan dia.

6. Menulis dan Membaca dengan Bahasa Inggris


Cobalah menulis dengan bahasa inggris di segala hal. Menulis diary, membuat list belanja, bikin status di sosmed, dll. Biasakan dirimu dengan bahasa inggris.

Jika Anda membutuhkan referensi untuk kuliah, cobalah search dengan bahasa inggris, cari artikel-artikel berbahasa inggris, baca berita-berita internasional berbahasa inggris. Selain belajar, Anda akan menambah pengetahuan yang lingkupnya tidak hanya dalam negeri, tapi juga luar negeri.

7. Konsisten!


Ini yang paling penting namun sering dilupakan. Banyak orang yang sudah kursus selama 2 tahun, begitu keluar dari kursus, tidak pernah mengulang belajar lagi. Akhirnya, materi-materi dan kosakata yang telah dipelajari sedikit demi sedikit akan hilang! Anda harus mengasahnya tiap hari, minimal 2 hari sekali. Cobalah jadikan bahasa inggris sebagai bagian dari hidup Anda. Gunakan Bahasa inggris menjadi salah satu bahasa harian Anda. Di rumah, di mobil, di kampus, dan di mana saja.

Jika Anda kesulitan dalam menghafal, cobalah rekam suara Anda sendiri mengucapkan suatu kata yang sulit, lalu dengarkan di saat-saat Anda bekerja. Tidak disarankan untuk mempelajari 2 bahasa atau lebih dalam waktu yang bersamaan.

Anda tidak harus melakukan persis seperti poin-poin di atas. Anda bisa memodifikasinya sesuka dan senyaman Anda. Cobalah menggandeng parter agar bisa saling mengingatkan dan saling memberi motivasi. Karena suatu saat Anda pasti bosan dengan rutinitas itu.

Ingatlah bahwa belajar bahasa inggris dari tempat asalnya itu sangat bagus. Tetapi, negara asli berbahasa inggris kebanyakan adalah negara-negara yang sangat bebas. Jangan sampai sifat-sifat buruk mereka juga menular ke Anda. Filter sendiri. Cari tahu bagaimana cara menfilternya. Bersihkan niat bahwa Anda hanya ingin belajar bahasa Inggris.

Jangan gunakan film, novel, dan lagu yang mengandung unsur sex,gore, kata-kata jorok, dunia malam, dan semacamnya. Jangan sampai hal-hal itu menular ke pikiran Anda.

Selamat mencoba!
Share:

2 comments:

Anonymous said...

Nice.. thanks buat tips-nya

Unknown said...

Sama-sama :)

Nur Arifah dan Rayhan Akhyaro Azka. Powered by Blogger.

Cari di Blog Ini

Laman

Contributors