I am watching

Sunday, January 22, 2017

Jangan Mencari Motivasi Sukses Dari Orang Sukses!



Anda pingin sukses? Apa yang Anda lakukan pertama kali?


Search di Google, "Motivasi Orang Sukses"? Anda akan mendapatkan banyak sekali kata-kata motivasi disana. Tapi, hanya melakukan hal itu sebenarnya adalah kesalahan yang sangat besar!

Baiklah, saya akan menjelaskan kenapa jangan mencari motivasi untuk sukses dari orang yang sukses.

Pertama, Anda harus tahu karakter orang Indonesia.


Berapa banyak orang kampung yang 'tergiur' dengan iming-iming prospek kerja tinggi di ibukota, lalu mereka langsung berangkat ke Jakarta tanpa membawa bekal pendidikan yang mumpuni, akhirnya mereka hanya berakhir di bantaran sungai?

Berapa banyak petani yang ikut-ikutan nanam tembakau setelah melirik tetangganya yang 'sukses' nanam tembakau terlebih dahulu? Akhirnya, saat ini petani tembakau terlalu banyak, produksinya terlalu besar, harga tembakau menurun, persaingan semakin ketat, para petani sudah terlanjur 'tergiur' dengan prospek tembakau.

Itulah karakter orang Indonesia. Anda mungkin bukan petani, tapi kita semua cenderung memiliki sifat itu: Ikut-ikutan


Masalahnya adalah sifat ikut-ikutan-nya orang Indonesia ini seringkali hanya melihat sisi positifnya saja dan masih cukup jarang yang mau mempertimbangkan sisi negatifnya.

Akibatnya, banyak yang terserang penyakit 'fans karbitan' alias ngerjain yang disukai dan gampang saja, begitu dapat kesulitan, tidak mampu melanjutkan. Akhirnya, ganti profesi lagi. Begitu terus, mungkin sampai putus asa, sampai modalnya habis. Semoga kita tidak seperti itu.

Kedua, Anda juga harus pahami bahwa banyak motivator sukses hanya memberi Anda kisah-kisah sukses mereka. 


Mereka tidak menyertakan kisah-kisah jatuh mereka. Atau mungkin sebagian orang sukses memang mendapatkan kesuksesan itu tanpa kejatuhan yang berarti, misalnya karena warisan orang tua.

Banyak dari mereka hanya akan memberi motivasi-motivasi positif. "Jadilah orang yang rajin!" "Bangun pagi, jangan malas!" "Rajinlah menabung!" tapi mereka lebih sedikit menceritakan kisah-kisah gagal dan jatuh mereka.

Itulah kenapa mendengar motivasi HANYA dari orang sukses tidak akan membuatmu sukses.


Cobalah mendengar kisah dari orang-orang yang pernah gagal. Orang-orang yang tidak segan-segan menceritakan pengalaman gagalnya kepada orang lain. Dengan begitu, kita dapat mengetahui apa yang menyebabkan mereka gagal, apa yang menyebabkan mereka tidak bisa mewujudkan cita-cita mereka. Orang-orang inilah yang akan memberi kita semangat untuk melakukan manuver-manuver menghindari kejatuhan dan kegagalan. Terlebih lagi, mereka yang akan memotivasi kita untuk bangkit dari keterpurukan dan menghindar dari jatuh kedua kalinya di tempat yang sama.

Lebih baik lagi, jika Anda memiliki modal berlebih, langsunglah turun ke lapangan. Buktikan secara nyata komitmen Anda untuk sukses. Tentunya dengan diawali memiliki ilmu yang mencukupi. Tidak lupa gandenglah tangan orang-orang di sekitarmu! Salinglah memberi motivasi dan pertolongan. Dengan demikian Anda akan langsung merasakan bagaimana rasanya jatuh dan berusaha bangkit lagi.

Sukses tidak dapat diraih hanya dengan duduk dan merenungi kisah-kisah sukses, tapi dengan mengambil hikmah dari kisah-kisah gagal, menjadikan ia sebagai pelajaran, dan melakukan kerja nyata.
Share:

0 comments:

Nur Arifah dan Rayhan Akhyaro Azka. Powered by Blogger.

Cari di Blog Ini

Laman

Contributors