I am watching

Monday, January 23, 2017

Ini Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Mahasiswa sedang Libur!

Liburan semester bagi mahasiswa terkadang menjadi hal yang tidak dinantikan bagi sebagian orang. Mereka tidak tahu harus mengerjakan apa ketika liburan panjang itu. Alhasil, banyak mahasiswa yang hanya menghabiskan waktunya untuk guling-guling di atas kasur sambil melihat info-info random di Instagram mereka. Sekali berhenti dari main HP, palingan hanya ke kamar mandi, makan, atau meregangkan otot (re: ngolet).

Memang, ada kalanya semangat manusia untuk bekerja itu tinggi dan ada kalanya juga rendah. Tapi, kalau berada di tingkat rendah, jangan keterusan! Inilah masalah kebanyakan mahasiswa. Sebisa mungkin kita harus terus mengisi ulang semangat berkarya kita. Jika bosan dengan suatu pekerjaan, coba lakukan dengan cara lain!

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh mahasiswa ketika memasuki masa-masa libur semester.


1. Tetap Manfaatkan Waktu Dengan Baik di Rumah


Bagi kalian yang memiliki kesibukan lain selain kuliah, saat-saat liburan ini adalah waktu emas kalian. Kalian bisa memaksimalkan produktivitas kalian dengan tetap bekerja dan berkarya sesuai dengan bidang yang kalian tekuni. Cobalah membuat proyek-proyek kecil yang kalian minati. Jika kalian suka menulis, cobalah menulis mini-autobiografi kalian sendiri, atau mereview sebuah film/buku. Jika kalian suka editing, cobalah membuat foto/video yang bisa kalian upload ke internet, bahkan jika kalian memaksimalkannya, kalian bisa mencari uang dengan menjual jasa editing. Jika kalian suka memasak, cobalah berkreasi di dapur kalian, buat videonya, upload ke internet.

Intinya, walaupun kalian hanya di rumah, setidaknya ada hal-hal bermanfaat yang dapat kalian lakukan. Minimal, kalian bisa mendapat pengalaman pribadi, tanpa harus capek-capek keluar rumah. Hal ini tentunya tidak akan menguras uang kalian. Kalian tetap bisa menghasilkan karya-karya kalian tanpa perlu keluar rumah dan tanpa perlu mengeluarkan biaya dan tenaga yang berlebih.

2. Cobalah berbisnis!


Ketahuilah bahwa sebagian lulusan S1 tidak bisa bekerja di perusahaan yang mereka ingini. Banyak dari mereka yang akhirnya membuka wirausaha sendiri. Hal ini tentu bisa kalian tiru. Kenapa harus wirausaha? Wirausaha tidak menjadikan kalian pegawai yang harus terima disuruh-suruh, dibentak-bentak dengan gaji yang sangat minim, guys! Wirausaha dapat dirintis sejak kalian masih kuliah, dengan harapan ketika kalian lulus kalian sudah bisa mendapatkan profit yang besar dari wirausaha itu. Jadi, ketika teman-teman kalian lulus dan sibuk ngelamar kerjaan, kalian sudah santai ngurusin wirausaha kalian yang sudah mapan.

Carilah dimana passion kalian. Kalau kalian suka fashion, cobalah belajar usaha fashion. Kalau kalian suka menulis, cobalah belajar membuka usaha jasa penulisan. Carilah! Cobalah! Jika tidak cocok, kalian masih memiliki waktu untuk mengubahnya. Inilah kenapa kalian harus persiapkan mulai sekarang.

3. Mengikuti Program Magang/Kerja Part Time


Jika kalian benar-benar ingin bekerja dengan perusahaan lain, cobalah ikuti program magang atau kerja part time yang bisa kalian lakukan selama liburan. Biasanya, perusahaan akan tertarik untuk merekrut kalian jika kalian memang memiliki kelebihan dibanding peserta yang lain. Selain itu, pengalaman yang kalian dapatkan adalah yang utama. Kalian juga tetap bisa mendapatkan uang dari magang. Meskipun gaji nya hanya sedikit, tapi pengalamannya yang tidak bisa tergantikan.

Ketika kalian melamar pekerjaan yang sebenarnya, kalian pasti menyertakan CV, kan? Nah dengan mengikuti magang, kalian bisa membuat CV kalian lebih berkesan. Terlebih lagi, pihak perekrut biasanya lebih memilih orang yang sudah memiliki pengalaman kerja, seperti pernah mengikuti magang atau kerja parti-time.


4. Mengambil Kursus


Pingin usaha baju tapi tidak bisa menjahit? Coba ambil kursus jahit! Pingin part time jadi supir ojek online tapi tidak bisa mengendarai mobil? Coba ambil kursus menyetir! Pingin buka catering tapi tidak bisa memasak? Coba ambil kursus memasak! Pingin bisa desain grafis tapi tidak handal dalam menggambar? Pingin fasih berbahasa inggris tapi tidak tahu bagaimana caranya? Coba ambil kursusnya!

Banyak kursus yang tersedia bisa selesai hanya dalam waktu mingguan atau bulanan. Cobalah ambil kursus yang bisa kalian gunakan untuk membuat suatu karya, atau untuk membuka usaha baru. Yakinlah, kursus kalian tidak akan sia-sia jika kalian berniat untuk mendalaminya. Kursus ini juga sedikit banyak bisa berpengaruh jika kalian mau melamar pekerjaan nantinya.

5. Jangan Lupa Olahraga!


Kebanyakan mahasiswa menjadi sangat malas berolahraga ketika liburan. Ketika kuliah saja malas, apalagi ketika libur. Jangan kalian mendapat kesan 'tambah gendut' ketika hari pertama masuk kuliah. Lebih penting lagi, jangan sampai kalian jatuh sakit!

Dengan waktu yang lebih luang, kalian bisa sempatkan keluar rumah tiap pagi minimal untuk jogging setengah jam. Coba ikuti panduan-panduan fitness di Youtube. Hanya dengan satu jam setiap harinya, kalian akan lebih bugar dan kalian akan lebih enjoy dalam beraktivitas! Jika kalian mau, lebih baik lagi lengkapi rumah kalian dengan barang-barang penunjang fitness. Tidak perlu mahal-mahal, cukup matras fitness saja untuk memudahkan kalian melakukan fitness di rumah. Kalau kalian mau yang lebih dalam lagi, coba pergi ke Gym dan bentuk otot tubuh kalian disana!

6. Cobalah Keluar dan Pergi ke Tempat yang Tidak Dapat Kalian kunjungi ketika Kuliah


Hari-hari kuliah pasti disibukkan dengan pergi ke kampus. Ketika libur weekend pun pasti banyak tugas presentasi dan makalah yang harus diselesaikan. Memiliki liburan produktif bukan berarti kalian harus terus memaksakan bekerja seperti di hari biasa. Justru, ketika liburan, kalian harus merasakan bekerja dengan suasana yang santai dan tanpa tekanan yang berarti. Untuk mendapatkan hal itu, kalian bisa sesekali merefresh pikiran dengan berlibur bersama keluarga/teman, cobalah pergi ke tempat-tempat yang sulit kalian datangi ketika hari kuliah.

Cobalah naik gunung, berwisata ke situs bersejarah, snorkling, jalan-jalan ke desa, dll. Cari tempat yang kalian sukai. Jalan-jalan tentu dapat menyegarkan pikiran dan dapat memberi kalian ide dan motivasi lagi untuk berkarya. Yang penting, jangan terlalu sering dan jangan menghabiskan uang sampai benar-benar habis, yah!

7. Bersiaplah Untuk Semester Berikutnya!


Jangan sampai libur panjang lantas membuat segala yang kita pelajari dengan susah payah di hari kuliah menjadi hilang. Ketika menjelang hari masuk, sempatkanlah waktu untuk mereview materi-materi yang terdahulu. Jika sudah memiliki referensi tentang materi yang akan datang, usahakan juga sudah mempelajarinya sebelum masuk kuliah. Walaupun sedikit, paling tidak kalian sudah bisa memberi otak kalian dengan 'pemanasan'

Jangan Sampai Kalian Menyesal Telah Menyia-nyiakan Waktu Liburan!


Berapa banyak orang yang berhasil memulai usahanya ketika liburan. Berapa banyak orang yang berhasil 'mencuri perhatian' petinggi perusahaan karena kinerjanya yang bagus ketika magang. Berapa banyak orang yang berhasil 'melahap' puluhan buku selama liburan. Ini dikarenakan produktivitas mereka.

Berapa banyak juga orang yang menghabiskan waktu liburannya hanya dengan menghabiskan kuota internetnya. Masuk kuliah, materi yang sudah pernah dipelajari sudah rontok semua tidak berbekas. Badannya gendut, tubuhnya tidak bugar. Otaknya kosong akan ide karena tidak pernah diasah selama berminggu-minggu.

Ayo, jadilah mahasiswa yang tetap produktif ketika liburan!
Share:

0 comments:

Nur Arifah dan Rayhan Akhyaro Azka. Powered by Blogger.

Cari di Blog Ini

Laman

Contributors